Yuk Kenali Bulan Bahasa!

Assalamualaikum wr.wb.
Hai teman-teman, apa kabar? Semoga teman-teman semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin..

Teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang Bulan bahasa.

Teman teman pasti sudah tau kan Apa Itu Bulan Bahasa?
Mari kita ingat kembali yuk sejarah bulan bahasa…

Bulan bahasa merupakan rasa kecintaan dan rasa hormat terhadap sebuah fenomena yang terjadi 79 tahun yang lalu yaitu hari sumpah pemuda.

Teman-teman tau nggak kenapa bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan bahasa??
Ayoo siapa yang tahu??
Perlu diketahui, alasan ditetapkannya bulan Oktober sebagai bulan bahasa tersebut merujuk pada sejarah bangsa Indonesia. Sejarah mencatat pada tanggal tanggal 28 Oktober 1928 dikumandangkan sumpah pemuda, dalam keputusan kongres pemuda II di Jakarta. Selanjutnya, setiap tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia memperingatinya sebagai hari sumpah pemuda.

Nah jadi gitu kira kira sejarah singkatnya…

Ngomong-ngomong tadi kan kita udah ngebahas sejarahnya, nah sekarang kita akan bahas tentang bulan bahasa di madrasah kita..
Di madrasah kita juga ada loh perayaan bulan bahasa..
Biasanya dirayakan/ dimeriahkan dengan acara² tertentu. Jadi, di madrasah kita setiap memperingati hari sumpah pemuda dan bulan bahasa, kita biasanya mengadakan acara “LOMBA BULAN BAHASA”.

Acara tersebut dilakukan 1 kali dalam setahun. Tujuannya adalah untuk memeriahkan peringatan hari sumpah pemuda dan untuk mengasah minat dan bakat siswa/i madrasah melalui kegiatan yang diperlombakan.
Yang diperlombakan dlm acara tersebut adalah cipta cerpen, cipta puisi, musikalisasi puisi, drama, pidato bahasa Arab, story’telling, dsb.
Lomba tsb dilaksanakan sesudah upacara sumpah pemuda. Hadiah untuk pemenang bisa berupa peralatan sekolah misalnya buku, pulpen, pensil, dll, peralatan kelas misalnya sapu, kemoceng, dll, atau bisa juga piala kelas.

Nah gimana teman-teman tentang penjelasan di atas..
Apakah teman teman tertarik??

Sekian dari kami wassalamu’alaikum wr.wb.

(Rizza Fajriana)