MTs Negeri 1 Lebak : PPDB Online Dibuka Mulai 8 April 2020

MTs Negeri 1 Lebak membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021 dimulai dari tanggal 8 April – 8 Mei 2020. Diputuskan dalam rapat terbatas Panitia PPDB MTs Negeri 1 Lebak bahwa untuk tahun ini dilakukan secara daring/online. Berikut penjelasan lengkapnya. Harap dibaca oleh seluruh orang tua/wali calon siswa yang ingin mendaftarkan anaknya di madrasah kami.

Sasaran dari kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) T.A. 2020 – 2021 ini adalah anak-anak SD/MI Sederajat yang berhasil lulus dari sekolahnya masing-masing.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah kegiatan penerimaan dan seleksi calon peserta pendidikan dan pelatihan pada sekolah. Hal tersebut berkaitan dengan tes kemampuan dasar akademik dan minat bakat terhadap jenjang sekolah yang dituju sebagai bentuk awal pengendalian, penjaminan dan penetapan mutu pendidikan guna mendukung upaya jenjang pendidikan ke arah tujuan yang diinginkan.

Fenomena kehidupan saat ini yang terjadi di hampir seluruh belahan bumi yakni mewabahnya Covid 19 berdampak sangat signifikan terhadap proses pendaftaran dan seleksi calon peserta didik baru. Oleh karenanya, proses pendaftaran dan seleksi yang seyogyanya dilaksanakan secara langsung kini hanya dapat dilakukan melalui daring atau online, dan hal ini sudah dimaklumi bahkan dianjurkan oleh pejabat terkait.

Karena keterbatasan ruang dan waktu, maka seleksi calon peserta didik baru dilakukan dengan menilai kemampuan mengaji dan praktik shalat Shubuh. Dua skill tersebut dipandang sudah mewakili seluruh kemampuan siswa karena untuk dapat mengaji dan shalat siswa harus mampu menghafal tiap huruf hijaiyah, menghafal beberapa surah dalam al Qur’an, memahami tajwid, serta mampu mempraktikan pengetahuannya secara konkret.

Di samping itu, kedua kemampuan tersebut tidak dapat dimanipulasi atau dibantu oleh pihak luar. Semua bergantung pada skill siswa tersebut.

 

Tujuan dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MTsN 1 Kabupaten Lebak adalah untuk:

  1. Menarik minat anak-anak yang sudah memiliki kemampuan akademik, kematangan kepribadian dan emosional serta keterampilan untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di MTs Negeri 1 Lebak;
  2. Menjaring input siswa yang dapat memenuhi syarat – syarat dengan kriteria yang ditentukan madrasah yaitu Peserta didik yang kompeten, terampil dan berkualitas secara intelektual, emosional dan spiritual (IQ, EQ, SQ);
  3. Memposisikan siswa berdasarkan kemampuan akademik, spiritual dan emosional di kelas yang tepat.

 

PENDAFTARAN

Penerimaan Peserta Didik Baru MTsN 1 Lebak untuk T.A. 2020–2021 dilaksanakan secara daring/online bertempat di rumah masing-masing menggunakan handphone/laptop.

Pendaftaran dilakukan sebagai berikut:

  • Mengisi formulir pendaftaran melalui website resmi dengan cara:

Kunjungi : Website: mtsn1lebak.sch.id – (klik) PPDB – (klik) Registrasi PPDB 2020/2021

Bisa juga dengan klik tombol DAFTAR ONLINE di bagian paling bawah halaman ini.

  • Meng-Upload Video Mengaji Surah Al Baqoroh Ayat 100 s.d. 102 & Praktik Shalat Shubuh

Catatan: Siapkan video sebelum mengisi formulir (Ukuran maksimal per video adalah 100 MB)

PENILAIAN

Penilaian dilaksanakan oleh Panitia sepanjang proses pendaftaran mulai tanggal 8 April s.d. 8 Mei 2020.

Nilai diambil dari analisis kemampuan Mengaji dan Praktik shalat shubuh calon peserta didik baru melalui video yang dikirim peserta.

 

Agenda Kegiatan PPDB MTs Negeri 1 Lebak Tahun Pelajaran 2020/2021.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi harus melaksanakan pendaftaran ulang pada hari/tanggal Jum’at s.d. Kamis/15 – 20 Mei 2020 dengan mekanisme yang akan ditentukan kemudian. Berikut ini berkas yang harus dilengkapi dan dibawa peserta lulus seleksi pada saat Pendaftaran Ulang:

  • Copy Ijazah SD/MI yang dilegalisasir;
  • Copy Sertifikat Kelulusan Ujian Akhir Madrasah (bagi peserta asal MI);
  • Copy raport Kelas 6 Semester Ganjil;
  • Copy Akta Lahir;
  • Mengisi Surat Pernyataan Orang Tua dan Peserta Didik Baru yang dibubuhi Materai 6000 dan tanda tangan.

Seluruh berkas dimasukan ke dalam Business File :

  • berwarna merah bagi peserta putri
  • berwarna biru bagi peserta putra.

Peserta didik baru wajib berkumpul pada hari/tanggal Jum’at/10 Juli 2020 untuk mengikuti briefing persiapan MATSAMA Tahun Ajaran 2020/2021.

Pelaksanaan Kegiatan MATSAMA

MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) in syaa Allah akan dilaksanakan pada hari/tanggal Senin-Rabu/13 – 15 Juli 2020.

Silakan klik tombol Download berikut

Untuk mengunduh Brosur PPDB MTs Negeri 1 Lebak.

 

Untuk tutorial Cara Pengisian Formulir Pendaftaran Online bisa didownload pada link berikut : 

 

Untuk menuju halaman Registrasi

Silakan klik Tombol DAFTAR ONLINE berikut ini :