Info Madrasah
Selasa, 28 Mei 2024
  • "Solidaritas Kemanusiaan: Siswa MTs Negeri 1 Lebak Gelar Sholat Ghaib untuk Palestina"
6 November 2023

AWAL MULA KONFLIK PALESTINE ISRAEL

Senin, 6 November 2023 Kategori : Berita

Awal Mula Konflik

Lebih dari 100 tahun yang lalu, tanggal 2 November 1917, Menteri Luar Negeri Inggris saat itu, Arthur Balfour menulis surat yang ditujukan kepada Lionel Walter Rothschild, seorang tokoh komunitas Yahudi Inggris. Surat yang singkat namun isinya memberikan dampak terhadap Palestina hingga saat ini.

https://www.tagar.id/Asset/uploads2019/1620775613955-konflik-palestina-dan-israel.jpg

image From: Tagar.Id

Perjanjian ini mengikat pemerintah Inggris untuk “mendirikan rumah nasional bagi orang-orang Yahudi di Palestina” dan memfasilitasi “pencapaian tujuan ini”. Surat tersebut dikenal dengan Deklarasi Balfour.

Intinya, kekuatan Eropa menjanjikan gerakan Zionis sebuah negara di wilayah yang 90% penduduknya adalah penduduk asli Arab Palestina.

Awal mula konflik Palestne dan Israel   

Mandat Inggris dibentuk pada 1923 dan berlangsung hingga 1948. Selama periode tersebut, Inggris memfasilitasi migrasi massal orang Yahudi, di mana terjadi gelombang kedatangan yang cukup besar pasca gerakan Nazi di Eropa.

Dalam gelombang migrasi, mereka menemui perlawanan dari warga Palestina. Warga Palestina khawatir dengan perubahan demografi negara mereka dan penyitaan tanah mereka oleh Inggris untuk diserahkan kepada pemukim Yahudi.

Meningkatnya ketegangan menyebabkan Pemberontakan Arab, yang berlangsung dari tahun 1936 hingga 1939. Pada April 1936, Komite Nasional Arab yang baru dibentuk meminta warga Palestina untuk melakukan pemogokan umum, menahan pembayaran pajak dan memboikot produk-produk Yahudi untuk memprotes kolonialisme Inggris dan meningkatnya imigrasi Yahudi.

Pemogokan selama 6 bulan tersebut ditindas secara brutal oleh Inggris, yang melancarkan kampanye penangkapan massal dan melakukan penghancuran rumah, sebuah praktik yang terus diterapkan Israel terhadap warga Palestina hingga saat ini.

Dikutip dari : www,cnbindonsia.com

Penulis : Aerin , Alika Aulia Nur Ain, Balqis Asslaama Syallum, Elynda Heramada, Hawin Nur Inayah, Ina Najmiatu Rahmah. (siswi MTSN 1 LEBAK , 9B)

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Komentar