Info Madrasah
Minggu, 14 Apr 2024
  • "Solidaritas Kemanusiaan: Siswa MTs Negeri 1 Lebak Gelar Sholat Ghaib untuk Palestina"
28 Juli 2023

Kegiatan 10 Muharram di MTs Negeri 1 Lebak : Mengenang Hari Besar dalam Nuansa Kebaikan

Jumat, 28 Juli 2023 Kategori : Berita / Kesiswaan / Pendidikan

Meriahnya Peringatan 10 Muharram di MTs Negeri 1 Lebak: Semarak Ibadah dan Kebajikan

Hari Jum’at, tanggal 28 Juli 2023, Madrasah menggelar peringatan 10 Muharram 1445 H di Lapangan Gedung Lama MTs Negeri 1 Lebak. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dewan guru dan staf madrasah serta dibuka dengan khidmat oleh Kepala Madrasah, Yaya Mulyadi.

Lapangan Gedung Lama MTs Negeri 1 Lebak dipenuhi dengan semangat kebersamaan saat seluruh siswa, guru, dan staf berkumpul untuk memperingati 10 Muharram, hari yang memiliki makna penting dalam sejarah Islam. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 10 Muharram, seperti hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah dan kejadian-kejadian besar lainnya dalam Islam.

Dengan dibukanya acara oleh Kepala Madrasah, Yaya Mulyadi, suasana kegiatan langsung penuh semangat dan khidmat. Beliau menyampaikan pesan tentang pentingnya memahami makna dan nilai-nilai dari 10 Muharram sebagai bagian dari identitas keislaman dan sejarah bagi seluruh peserta didik dan warga madrasah.

Acara diawali dengan ibadah Shalat Dhuha berjamaah, yang dipandu oleh para guru dan staf madrasah. Sujud dan rukuk para peserta terlihat khusyuk, menyampaikan rasa syukur atas nikmat dan rahmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Setelah Shalat Dhuha, dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala Madrasah. Suasana haru dan semangat membara terpancar dari wajah seluruh hadirin, yang antusias menyambut rangkaian acara peringatan 10 Muharram.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dari perwakilan siswa kelas 7. Dengan suara yang tajwid dan makna yang terdalam, ayat-ayat suci Al-Quran dibacakan, menyentuh hati seluruh hadirin dan mengingatkan betapa agungnya ajaran agama Islam.

Tak berhenti di situ, suasana kegiatan semakin semarak dengan sesi ngaji bersama. Siswa dan guru bersama-sama membaca dan memahami makna dari ayat-ayat suci Al-Quran. Diskusi pun berlangsung hangat, di mana pertanyaan-pertanyaan terjawab dengan bijaksana oleh guru, menciptakan suasana belajar yang penuh keceriaan.

Sambutan dari para bapak dan ibu guru menyentuh hati seluruh hadirin dengan pesan-pesan kebaikan dan kasih sayang sesama manusia. Ceramah yang diisi dengan inspirasi dan motivasi ini berhasil memberikan semangat dan perenungan bagi seluruh peserta.

Acara dilanjutkan dengan penampilan grup Marawis yang memukau. Dengan kepiawaian mereka memainkan alat musik tradisional, suasana lapangan menjadi riuh oleh irama yang menghentak, menghadirkan kegembiraan dan kebersamaan.

Tak ketinggalan, kelompok Rohani Islam (rohis) turut memberikan ceramah yang memotivasi. Dengan semangat, mereka mengajak seluruh peserta untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjalani hidup dengan penuh kebaikan.

Momen puncak peringatan 10 Muharram adalah pembacaan doa bersama. Dalam kesatuan, seluruh hadirin memohon kepada Allah SWT untuk memberkahi diri, keluarga, serta bangsa dan negara. Doa ini menggambarkan rasa syukur dan pengharapan yang tulus.

Kegiatan peringatan 10 Muharram di MTs Negeri 1 Lebak ditutup dengan penuh kebaikan melalui santunan anak yatim. Semua hadirin merasa bahagia dapat berbagi kebahagiaan dan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Kegiatan ini menyisakan kenangan manis bagi seluruh peserta. Semangat kebersamaan dan nilai-nilai keagamaan yang dihadirkan dalam kegiatan ini diharapkan akan terus menginspirasi seluruh warga madrasah dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga semangat kebaikan ini terus tumbuh dan menghiasi perjalanan hidup mereka ke depan.

Editor : Fajar Satria       |         Kontributor : Syahra Aulia R.            |      Publisher : Asep Sucahya

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Komentar