MTs Negeri 1 Lebak Melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Ajaran 2020/2021 secara Online

MTs Negeri 1 Lebak melaksanakan PAT (Penilaian Akhir Tahun) Tahun Ajaran 2020/2021 mulai dari tanggal 24 Mei sampai dengan tanggal 4 Juni 2021.
Kegiatan ujian ini dilaksanakan secara online menggunakan web e-learning MTs Negeri 1 Lebak.
Alamat e-learning nya adalah https://belajar.mtsn1lebak.sch.id

Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap. Hasil penilaian akhir tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan antara lain untuk pengisian rapor.

Di masa pandemi saat ini PAT secara langsung tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara langsung ini dikarenakan terdapat peraturan dan protokok keamanan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah pada saat ini. Meskipun demikian PAT harus tetap dijalankan sebagai salah satu pertimbangan pada saat kenaikan kelas nantinya.


Pada mode siswa, peserta ujian juga dapat melihat hasil ujian secara realtime melalui menu Nilai Ujian & Tugas

Menyikapi permasalah yang ada pada saat ini maka Kepala Madrasah, Durotunasihin, S. Pd. mengambil kebijakan untuk tetap melaksanakan PAT. Pelaksanaan PAT pada tahun ini berbeda dari sebelumnya, dari yang bersifat tatap muka langsung menjadi bersifat Online. Pada [pelaksanaan PAT online ini siswa-siswi dapat mengerjakannya di rumah atau tempat-tempat yang memiliki fasilitas jaringan internet.

Menindak lanjuti kebijakan dari Kepala Madrasah, Durotunasihin, S. Pd. maka dibentuklah Tim Pelaksanaan PAT online tersebut yang terdiri dari Baharun, M. Pd (Ketua), Sanajaya. S. Pd. (Sekretaris), Drs. Suratman (Anggota),Edi Rusnadi, S. Ag. (Anggota), Silvia S. Pd. (Anggota), Mahfudoh, M. Pd. (Anggota), Ayu Susanti, S. Pd.(Anggota), Wadiin, MA. Pd. (Proktor), serta Fajar Satria Utama, S. Kom. (Teknisi)

Berbeda dengan Ujian Madrasah (UM) yang hanya diikuti oleh seluruh siswa kelas 9, kegiatan PAT 2021 online kali ini dikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8.

Platform e-learning memiliki fitur CBT (Computer Based Test), yang di dalamnya siswa bukan hanya bisa mengikuti ujian, tapi juga bisa melakukan Absensi Harian, Pembelajaran dan Diskusi materi.

Pelaksanaan PAT ini diketuai oleh Pak Baharun, M. Pd. dan sekretaris kegiatan Pak Sanajaya, S.Pd. terpantau hari pertama dan kedua berjalan dengan lancar. Para siswa mampu mengerjakan soal meskipun pengerjaannya dari rumah.

Dalam kegiatan ini Panitia PAT juga menyediakan sarana Laboratorium Komputer di madrasah yang bisa digunakan oleh siswa yang memiliki kendala perangkat (handphone, laptop atau komputer) atau kendala jaringan di lokasi rumah siswa.

Pada kegiatan PAT kali ini Panitia juga mengaktifkan mode Pengawas yang dilakukan oleh setiap Wali Kelas 7 dan 8.
Wali kelas memastikan keikutsertaan siswa dalam mengerjakan soal. Setiap wali kelas memiliki akun pada aplikasi yang bisa memonitoring atau memantau kehadiran serta status ujian siswa binaannya.

 

Berikut tahapan kerja kegiatan PAT 2021 online kami di MTs Negeri 1 Lebak :

1. Sosialisasi dan pembagian tugas oleh Kepala Madrasah atau Ketua Pelaksana.
2. Penyusunan panduan teknis oleh sekretaris dg arahan dari Ketua Pelaksana.
3. Penyusunan draft RAB oleh sekretaris dan bendahara dg persetujuan Ketua Pelaksana.
4. Penyusunan kisi dan naskah soal oleh guru mapel yg ditugaskan.
5. Panitia mempersiapkan aplikasi CBT (Computer Based Test)
6. Input soal ke Bank Soal platform E-Learning oleh panitia yang ditunjuk oleh Ketua Pelaksana.
8. Sumber soal berasal dari MGMP KKM se Kabupaetn Lebak sesuai dg juknis yang dibuat.
9. Proktor dan Teknisi memeriksa dan memperbaiki tiap naskah soal di Aplikasi CBT.
10. Akivasi Jadwal Ujian PAT berdasarkan Jadwal Pelaksanaan.
12. Penyusunan juknis dan tata tertib oleh sekretaris.
13. Pengkoordinasian tugas panitia dan wali kelas oleh Ketua Pelaksana.
14. Wali kelas publikasi juknis dan tata tertib PAT ke siswa melalui grup kelas masing-masing.
15. Wali kelas memastikan keikutsertaan siswa dalam mengerjakan soal.
16. Panitia, Teknisi dan Proktor mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya.
17. Panitia memfasilitasi siswa melaksanakan tes di sekolah bagi yg bermasalah dengan perangkat dan jaringan.
18. Panitia memfasilitasi siswa yang terlambat/terkendala teknis untuk mengikuti ujian susulan.
19. Panitia menarik hasil pekerjaan siswa (Daftar Hadir, Berita Acara, dan Hasil Ujian) dari Aplikasi CBT tiap berakhirnya waktu pengerjaan soal.
20. Panitia menginventarisir partisipasi siswa selama PAT.
21. Panitia merekap hasil PAT
22. Panitia membagikan hasil PAT ke tiap guru mapel
23. Tiap guru mengolah nilai untuk rapot.

Pelaksanaan PAT ini juga dilaksanakan serentak dengan MTs lain di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Lebak dan kita bersyukur bisa terlaksana dengan aman dan baik.


Pencapaian sebuah target perlu diperhitungkan dengan matang, apalagi program yang dilaksanakan merupakan kegiatan baru yang belum pernah dilakukan. Berada di masa-masa darurat corona banyak sekali kegiatan baru yang terpaksa harus dilakoni mengingat protokol kesehatan cegah covid-19 yang harus dipatuhi. Namun bagi seseorang atau sebuah instansi yang bersemangat tinggi, pencapaian target di masa pandemi ini bukan suatu hal yang mustahil dilakukan.

Demikian dialami oleh MTsN 1 Lebak yang sama dengan sekolah atau madrasah lain harus melaksanakan kegiatan PAT (Penilaian Akhir Semester) online. Masalah perangkat bukan menjadi permasalahan bagi madrasah,, namun yang menjadi pemikiran adalah keaktifan dan kemauan siswa peserta PAT. Sekolah manapun tentu mempunyai siswa yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan akademik, jika siswa itu dekat akan ditangani langsung, namun dengan hanya bisa berkomunikasi online, akan menjadi sesuatu yang perlu perhatian khusus.

 

Namun dengan kerja keras dari tim IT (Informasi Teknologi) di bawah Kepala Lab. Komputer Wadiin MA. Pd (Proktor PAT), serta kerja tuntas dari Guru Informartika Fajar Satria utama, S. Kom. (Teknisi PAT) bersama Ketua PAT online Baharun, M. Pd. didukung penuh oleh seluruh wali kelas dan Panitia PAT, pada hari kedua PAT online hari Selasa (25/5/2021) tingkat partisipasi siswa MTs Negeri 1 Lebak mencapai 95% sudah mengakses PAT dengan baik. Tentunya semua perlu perjuangan yang tidak ringan terutama wali kelas yang bertanggung jawab memastikan seluruh siswa di kelasnya ikut serta . Alhamdulillah, semua bisa mengikuti dengan lancar dan sukses.